Perbedaan Rem Cakram dan Tromol

Perbedaan Rem Cakram dan Tromol

Halo Sobat Keren, wujudkan memiliki mobil impianmu bersama KKB BCA Virtual Mall dan jangan lewatkan kesempatan terbaik kredit mobil dengan bunga spesial KKB BCA. Dimanapun dan kapanpun kamu bisa eksplore dan ajukan kredit mobil impianmu hanya di KKB BCA Virtual Mall.

Sobat keren, kali ini kita akan membahas mengenai Rem pada mobil yang memiliki fungsi sangat vital pada setiap kendaraan bermotor. Bayangkan jika kita sedang berkendara dan tiba-tiba rem pada kendaraan kita tidak berfungsi dengan baik. Maka, akan membahayakan keselamatan baik pengemudi, penumpang maupun orang-orang di luar sana. Hal inilah yang menyebabkan rem sangat penting pada setiap kendaraan karena rem bertugas untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan. 

Ada beberapa jenis rem yang perlu kita ketahui diantaranya adalah rem tromol dan rem cakram.  Lalu apa sih perbedaan dari kedua jenis rem tersebut. Dikutip dari kompas.com (19/08/2022), berikut ini perbedaan rem tromol dan rem cakram:

  1. Rem cakram ini lebih unggul karena penyetelannya otomatis dibanding rem tromol.

  2. Secara desain, rem cakram ini cepat membuang panas saat pengereman karena bentuknya berupa piringan dan kaliper yang terbuka. Sedangkan rem tromol bentuknya seperti drum.

  3. Rem cakram mekanismenya mencengkram atau mendorong ke dalam sedangkan rem tromol itu mendorong keluar.

  4. Rem cakram bekerja saat cakram dijepit oleh paliper. Ini didorong oleh piston yang menggerakkan kampas rem ke cakram. Semetara rem tromol bekerja saat kampas rem menempel pada sepatu rem yang membuat tromol berputar. Dari putaran tromol, laju mobil akan berkurang.

Jadi itu tadi perbedaan dari rem cakram dan rem tromol. Keduanya sama-sama baik. Namun, memiliki cara kerja yang berbeda. Dikutip dari kompas.com (19/08/2022), Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor tidak menganjurkan kepada pemilik kendaraan untuk mengganti rem cakram menjadi rem tromol, begitu juga sebaliknya. 

Sobat Keren, pembahasan kita sampai disini. Terus ikuti update seputar dunia otomotif hanya di KKB BCA Virtual Mall. Baca Berita Artikel lainnya [Klik disini] 

Wujudkan mobil impianmu sekarang. #bisapunyamobil dengan KKB BCA. Kredit mobil, mobile-in aja hanya di KKB BCA Virtual Mall [Klik disini]


Sumber: Kompas.com