BPKB akan berubah menjadi elektronik?

BPKB akan berubah menjadi elektronik?

Foto: Kompas.com

Halo Sobat Keren, digitalisasi bukanlah sesuatu yang baru melainkan suatu hal yang harus di era sekarang. Ada kabar bagus nih sobat, sudah tahu belum kalau Kepolisian Republik Indonesia akan menganti Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) menjadi elektornik. Hal ini masih dalam tahap pengembangan nih Sobat keren. 

Dikutip dari Kompas.com (30/09/2022), Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korlantas Polri saat ini sedang mengembangkan BPKB elektornik. Menurut Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus bersama Polda jajaran sedang melakukan analisa dan evalusi dalam hal pengurusan BPKB. 

Hal ini merupakan hal yang baik karena jika BPKB menjadi elektronik maka semua data akan terintegrasi menjadi satu. BPKB elektronik ini akan tergabung dalam sistem sigle data yang akan terintegrasi dengan banyak stakeholder seperi perbankan dan industri finance. 

Perubahan BPKB menjadi elektronik ini akan berdampak positif. Hal ini karena akan mencegah penyelewangan, pemalsuan dan duplikasi BPKB. Dikutip dari Kompas.com (30/09/2022), BPKB elektronik ini akan menggunakan teknologi chip yang mana dengan teknologi tersebut semua histori kendaraan akan tercatat. 

Tentunya sobat keren, dengan perubahan BPKB menjadi elektronik diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat dalam proses pengurusan dokumen BPKB dan dengan dokumen yang berbentuk digital akan lebih aman dalam pengarsipan dibanding dalam bentuk buku. Semoga dapat segera terlaksana ya sobat keren. 

Sobat keren, terus update berita dan artikel terbaru seputar otomotif, keuangan dan teknolgi hanya di KKB BCA Virtual Mall. Yuuk eksplore dan simulasikan mobil impianmu serta dapatkan bunga spesial dari KKB BCA. [Klik disini]

Sumber: Kompas.com