Bayar Jalan Tol Tanpa Berhenti dengan Sistem MLFF

Bayar Jalan Tol Tanpa Berhenti dengan Sistem MLFF

Halo sobat keren, bayangkan jika tol yang merupakan jalan bebas hambatan akan benar-benar terwujud sebagai jalan yang bebas hambatan. Selama ini, jalan tol sebagai jalan bebas hambatan belum sepenuhnya bebas dari kemacetan. Salah satu penyebab kemacetan di jalan tol adalah proses pembayaran di gerbang tol. Hal ini terjadi karena pengemudi harus sejenak berhenti dan antri untuk tap di gerbang tol yang berakibat menimbulkan kemacetan di jam-jam sibuk atau ketika memasuki libur panjang. 

Pemerintah saat ini berencana untuk membuat sistem dimana pengemudi tidak perlu berhenti di gerbang tol dengan penerapan Multi Lane Free Flow (MLFF). Dikutip dari Indonesiabaik.id (14/10/2022),  MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) yaitu merupakan sistem yang memungkinkan melakukan transaksi melalui aplikasi di smartphone dan dibaca melalui satelit ketika mobil melewati gerbang tol. 

Dikutip dari oto.detik.com (14/10/2022), aplikasi yang digunakan dalam penerapan sistem bayar tol tanpa berhenti ini adalah Cantas. Ketika teknologi MLFF mulai diimplementasikan, pengendara perlu mengunduh aplikasi Cantas di smartphone masing-masing untuk kemudian melakukan registrasi kendaraan beserta  data diri serta melakukan pilihan pembayaran pada aplikasi tersebut. 

Lalu kapan MLFF ini diimplementasikan?

Implementasi sistem MLFF ini akan dilakukan secara bertahap. Dikutip dari Indonesiabaik.id (14/10/2022), tahap pertama akan diimplementasikan di 40 ruas jalan tol yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali. Di akhir tahun 2022 sistem MLFF ini akan diperkenalkan ke masyarakat dan akan mulai diuji coba pada tahun 2023. 

Harapannya dengan sistem MLFF ini menjadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di jalan tol dan memudahkan masyarakat dalam proses pembayaran tol. Rencananya berlaku di tol Jabodetabek, Merak, Sukabumi, Trans Jawa, Jembatan Suramadu, Cipularang-Padaleunyi, Soreang, Mandara, dan Bali. 

Sobat keren pasti sudah tidak sabar kan. Pasti senang dengan adanya sistem MLFF ini karena tidak perlu antri panjang di gerbang tol. 


Sumber: oto.detik.com, indonesiabaik.id